Selasa, 15 April 2014

AKUNTANSI INTERNASIONAL (TUGAS 2)



AKUNTANSI NTERNASIONAL
Nama   : Findi Yuningsih
Kelas   : 4EB17
NPM   : 22210785

1.      Adopsi pola PSAK di Indonesia
1.a       pembahasan
1.a.1    Pemahaman PSAK
            Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) merupakan pedoman dalam melakukan praktek akuntansi dimana uraian materi di dalamnya mencakup hampir semua aspek yang berkaitan dengan akuntansi, yang dalam penyusunannya melibatkan sekumpulan orang dengan kemampuan dalam bidang akuntansi yang tergabung dalam suatu lembaga yang dinamakan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).  Dengan kata lain, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) adalah buku petunjuk bagi pelaku akuntansi yang berisi pedoman tentang segala hal yang ada hubungannya dengan akuntansi.
            1.a.2    Pemahaman Standardisasi
            Standasrdisasi merupakan penentuan ukuran yang harus diikuti dalam memproduksikan sesuatu. Standardisasi adalah proses pembentukan standar teknis, yang bias menjadi standar spesifikasi, standar cara uji, standar definisi, prosedur standar (atau praktik),dll. Pengertian lain standardisasi adalah proses dalam menetapkan atau merumuskan dan merevisi standar yang dilaksanakan secara tertib. Standar adalah sesuatu yang dibakukan dan disusun berdasarkan konsesus semua pihak terkait dengan memperhatikan syarat-syarat kesehatan, keamanan, keselamatan lingkungan, berdasarkan pengalaman, perkembangan masa kini dan masa yang akan datang untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya
            1.a.3    Pemahaman Harmonisasi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia harmonisasi adalah upaya mencari keselarasan Harmonisasi merupakan proses untuk meningkatkan kompatibilitas (kesesuaian) praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam
            1.a.4    Pengertian Konvergensi
                                    Konvergensi; pengertian harfiahnya adalah dua benda atau lebih bertemu/bersatu di suatu titik; pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu Convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Konvergensi akan mudah dibayangkan jika menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop (kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut adalah peritiwa konvergensi.
1.b            Ruang Lingkup
Beberapa penelitian di luar negeri telah dilakukan untuk menganalisa dan membuktikan efek penerapan IAS (IFRS) dalam laporan keuangan perusahaan domestik. Penelitian itu antara lain dilakukan oleh Barth, Landsman, Lang (2005), yang melakukan pengujian untuk membuktikan pengaruh Standar Akuntansi Internasional (SAI) terhadap kualitas akuntansi. Penelitian lain dilakukan oleh Marjan Petreski (2005), menguji efek adopsi SAI terhadap manajemen perusahaan dan laporan keuangan.                                                                                           Di dalam kasus ini saya memilih perusahaan manufaktur yaitu PT. KIMIA FARMA, Tbk. Di dalam annual repot tahun 2013, laporan keuangan PT. KIMIA FARMA, Tbk sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia. Hal ini di jelaskan di dalam Opini Auditor yang menjelaskan bahwa PT. KIMIA FARMA, Tbk sesuai dengan SAK. Selain dilihat dari laporan keuangan, sistem teknologi informasi juga saya lihat. Perusahaan tersebut telah menggunakan sistem berbasis ERP mendukung bisnis layanan dan produk kesehatan antara lain dapat mempercepat dan mengintegrasikan proses kerja antar Divisi dan Unit Kerja serta anak perusahaan sehingga dapat meningkatkan kecepatan dalam proses pengambilan kebijakan Perseroan. Teknologi yang saat ini sedang dikembangkan oleh Perseroan adalah teknologi informasi berbasis Enterprise Resources Planning (ERP) untuk melakukan transaksi sehingga diperoleh catatan lengkap dan dapat digunakan untuk melakukan pengikhtisaran dengan baik.

1.c            Kesimpulan
                             Dari kasus tersebut dapat saya ambil kesimpulan bahwa laporan PT. KIMIA FARMA, Tbk mengacu kepada International Accounting Standard (IAS). Hal ini dijelaskan di dalam annual report tahun 2013 bahwa laporan keuangan yang disajikan sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.

Demikian informasi ini saya buat semoga bermanfaat untuk khalayak banyak. Kurang lebihnya saya mohon maaf.
DAFTAR PUSTAKA
http://kbbi.web.id/harmonisasi
http://www.kimiafarma.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar